Perkembangan E-commerce dan Marketplace

Electronic commerce isometric Free Vector

E-commerce adalah salah satu sektor paling dinamis dan penting dalam perekonomian Indonesia. Perkembangannya didorong oleh akses Internet yang berkembang pesat. E-commerce di seluruh dunia didominasi oleh marketplace dengan pangsa marketplace backlink yang besar.

Ada keuntungan dan kerugian yang terkait dengan penggunaan marketplace, baik untuk penjual maupun pembeli. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menunjukkan sifat marketplace, mengembangkan klasifikasi untuk mereka, dan juga untuk menunjukkan tantangan baru yang terkait dengannya dan arah pembangunan di Indonesia.

Metode: Untuk keperluan artikel ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi langsung dan analisis sumber primer dan sekunder. Bahan utama termasuk data yang diperoleh dari perusahaan yang menyediakan marketplace di Indonesia dan luar negeri, dan yang sekunder – laporan, studi dan sumber internet. Selain itu, wawancara mendalam dilakukan dengan para ahli di marketplace.

Hasil: Artikel ini memberikan penjelasan rinci tentang marketplace. Penulis menjelaskan pembagian dan karakteristik marketplace dan mendiskusikan tren potensial di bidang ini. Ini menyajikan keuntungan dan kerugian terkait marketplace, dan bagaimana penulis mengklasifikasikannya.

Kesimpulan: marketplace menciptakan peluang baru untuk ekspansi dalam skala yang lebih besar bagi penjual online. Perusahaan tidak perlu berinvestasi dalam platform penjualan atau memiliki pengetahuan tentang aspek hukum. Selain itu, mereka memiliki akses ke solusi inovatif. Tentunya ada banyak kekurangan, seperti persaingan yang sangat ketat dari banyak penjual di satu tempat, menjadi tergantung pada saluran penjualan ini, dan mengabaikan pertumbuhan toko online penjual itu sendiri.

SIFAT Marketplace

Berbicara dalam istilah yang paling umum, Marketplace adalah platform yang menawarkan produk dan layanan dari banyak penjual, yang dapat dibeli oleh klien. Sebagian besar produk berasal dari perusahaan eksternal, meskipun beberapa platform juga menawarkan produk mereka sendiri (misalnya Amazon, Allegro).

Bisnis lain harus bisa menjual produknya untuk menjadikan platform sebagai marketplace, jika tidak maka hanya toko online. Terkadang istilah “Marketplace” salah digunakan untuk toko online dengan pilihan produk yang sangat luas. Seperti disebutkan sebelumnya, Marketplace juga dapat menawarkan layanan untuk dijual. Namun artikel ini berfokus pada barang, karena perputarannya lebih kompleks dan membutuhkan perhatian lebih. Penjual berdagang di platform populer yang sering dikunjungi pengguna dengan imbalan sebagian dari keuntungan penjualan mereka. Paling sering, model bisnis Marketplace didasarkan pada pengumpulan biaya untuk penjualan yang dilakukan melalui mereka. Biaya ini berbeda tergantung pada platform dan kategori produk. Beberapa Marketplace memungut biaya untuk mencantumkan produk (misalnya Allegro).

Penjual menyetujui biaya tersebut, karena Marketplace memungkinkan mereka memasuki Marketplace dengan pengeluaran finansial yang rendah. Akibatnya, platform seperti itu menjadi tempat penjualan utama bagi banyak penjual. Marketplace menawarkan keuntungan yang tak terbantahkan, seperti akses cepat ke banyak klien, pengenalan yang tinggi, tempat kontak pertama (banyak pembeli mulai mencari produk di Marketplace), solusi teknis yang siap pakai, sistem pembayaran dan logistik. Mereka adalah tempat yang bagus untuk menguji produk dan Marketplace penjualan baru dan untuk mengumpulkan informasi dari klien. Sejumlah kecil barang percontohan dapat diluncurkan untuk menguji permintaan dan mendapatkan umpan balik dari klien, semuanya tanpa melakukan investasi besar dalam saluran penjualan dan distribusi. Beberapa batasannya adalah persaingan yang sangat kuat (misalnya, 363.000 penjual baru yang menawarkan produk identik atau sangat mirip bergabung dengan Amazon di Eropa pada tahun 2017), sistem pencatatan (beberapa pemasok toko online menawarkan integrasi dan pencatatan otomatis), komunikasi dengan klien dari luar negeri, dan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *